Tahapan Kegiatan

Kegiatan Pertamina Olimpiade Sains 2016 ini terdiri dari 2 kategori yaitu Kategori Teori yang bersifat nasional dan Kategori Proyek Sains yang bersifat regional ASEAN. Kedua kategori masing-masing memiliki tahapan kegiatan sebagai berikut:

A. Kategori Teori (level Nasional)

  1. Sosialisasi dan koordinasi: Tahapan ini dilakukan dengan mengadakan audiensi antara PERTAMINA-UI dengan DITJEN BELMAWA KEMENRISTEK-DIKTI.Selanjutnya diadakan Rakornas yang merupakan bagian dari kegiatan sosialisasiuntuk suksesnya acara Pertamina Science Olympiad 2016 sekaligus peresmian pembukaan pendaftaran online bagi calon peserta Pertamina Olimpiade Sains 2016.
  2. Publikasi dan registrasi: Publikasi dilakukan melalui website Pertamina Science Olympiad, sosial media, media cetak dan online, serta jejaring kerjasama MIPA-Net. Registrasi peserta dilakukan secara online.
  3. Seleksi Daerah: Seleksi ini merupakan Babak Penyisihan yang dilakukan dengan menggunakan metode CBT (Computer Based Test) bagi seluruh peserta dari Perguruan Tinggi yang tersebar di 34 provinsi di Indonesia.
  4. Seleksi Tingkat Nasional: Seleksi ini merupakan Babak Final yang dilakukan di Jakarta. Semua pesertafinalis akandiundang dan hadir untuk menyukseskan acara final ini.
  5. Penganugerahan hadiah: Acara penganugerahan hadiah kepada para pemenang sekaligus sebagai acara penutupan Pertamina Science Olympiad 2016
  6. Evaluasi Pertamina Olimpiade Sains 2016: Evaluasi dilakukan untuk menjaga akuntabilitas kegiatan sekaligus persiapan pelaksanaan Pertamina Olimpiade Sains tahun berikutnya.

B. Kategori Proyek Sains (level Regional ASEAN)

B.1. Peserta asal Indonesia

  1. Sosialisasi dan koordinasi: Tahapan ini dilakukan dengan mengadakan audiensi antara PERTAMINA-UI dengan DITJEN BELMAWA KEMENRISTEK-DIKTI. Selanjutnya diadakan Rakornas yang merupakan bagian dari kegiatan sosialisasi untuk suksesnya acara Pertamina Olimpiade Sains 2016 sekaligus peresmian pembukaan pendaftaran online bagi calon peserta Pertamina Olimpiade Sains 2016.
  2. Publikasi dan registrasi: Publikasi dilakukan melalui website Pertamina Olimpiade Sains, sosial media, media cetak dan online, serta jejaring kerjasama MIPA-Net. Registrasi peserta dilakukan secara online.
    1. Seleksi Babak Penyisihan: Seleksi ini dilakukan dengan cara desk evaluation untuk menentukan 45 tim terbaik masing-masing bidang yang akan mengikuti seleksi wawancara baik secara
    2. Seleksi Babak Final: Seleksi ini dilakukan di Jakarta. Seleksi akan melibat juri-juri perwakilan Indonesia dan negara-negara ASEAN
    3. Penganugerahan hadiah: Acara penganugerahan hadiah kepada para pemenang sekaligus sebagai acara penutupan Pertamina Olimpiade Sains 2016
    4. Evaluasi Pertamina Olimpiade Sains 2016: Evaluasi dilakukan untuk menjaga akuntabilitas kegiatan sekaligus persiapan pelaksanaan Pertamina Olimpiade Sains tahun berikutnya.

A.2. Peserta asal negara-negara Regional ASEAN

  1. Sosialisasi dan koordinasi: Tahapan ini dilakukan dengan mengadakan audiensi antara PERTAMINA-UI dengan DITJEN BELMAWA KEMENRISTEK-DIKTI.
  2. Publikasi dan registrasi: Publikasi dilakukan melalui website Pertamina Olimpiade Sains, sosial media, media cetak dan online, serta jejaring kerjasama AUN (ASEAN University Network). Registrasi peserta dilakukan secara
  3. Seleksi Babak Penyisihan: Seleksi dilakukan dengan cara desk evaluation untuk menentukan 3 tim terbaik dari negara ASEAN.
  4. Seleksi Babak Final: Seleksi ini dilakukan di Jakarta. Seleksi akan melibat juri-juri perwakilan Indonesia dan negara-negara ASEAN
  5. Penganugerahan hadiah: Acara penganugerahan hadiah kepada para pemenang sekaligus sebagai acara penutupan Pertamina Olimpiade Sains 2016
  6. Evaluasi Pertamina Olimpiade Sains 2016: Evaluasi dilakukan untuk menjaga akuntabilitas kegiatan sekaligus persiapan pelaksanaan Pertamina Olimpiade Sains tahun berikutnya.

Hubungi Kami

Telp.: +6221 786 6837
Fax. : +6221 727 0012
Email : panitia@osnpertamina.com

Kerjasama

UI.1