Sistem Kompetisi

Kompetisi di Pertamina Olimpiade Sains 2016 terdiri dari dua kategori yaitu Kategori Teori yang bersifat nasional dan kategori Proyek Sains yang bersifat regional. Kategori Teori akan mengkompetisikan empat bidang yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua tahapan, yaitu Babak Seleksi Daerah dan Babak Nasional. Kategori Proyek Sains, akan mengkompetisikan karya cipta yang dapat saja berupa Aplikasi Perangkat Lunak (APL), Rancang Bangun (RB), dan Produk Unggulan (PU) dengan tema Energi Baru Terbarukan. Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua tahapan, yaitu Babak Penyisihan (seleksi desk evaluation yang dilanjutkan dengan wawancara bagi 45 tim Proyek Sains terbaik) dan Babak Final.

  1. A.Kategori Teori

Kategori Teori merupakan kompetisi untuk menyelesaian soal-soal dan permasalahan di bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

A.1 Babak Penyisihan:

  1. Seluruh peserta mengikuti ujian Computer Based Test multiple choice secara online yang diselenggarakan dalam rentang waktu yang ditentukan di seluruh Indonesia.
  1. Hasil ujian CBT dievaluasi secara nasional oleh panitia pusat.
  2. Hasil nilai ujian CBT digunakan menetapkan:
    1. Pemenang 1, 2, dan 3 untuk setiap bidang seluruh Indonesia, yaitu peserta dengan nilai tertinggi nasional untuk setiap bidang (4 bidang) sehingga akan diperoleh 12 pemenang.
    2. Pemenang wakil regional, yaitu pemenang dengan nilai tertinggi setiap bidang (4 bidang) pada masing-masing regional (8 regional daerah operasi Pertamina) yang ditetapkan setelah mengeluarkan seluruh pemenang pada poin “a” sehingga didapatkan total 32 perwakilan regional.
    3. Pemberian hadiah untuk Babak Penyisihan:
      1. Pemenang 1,2, 3 setiap bidang se-Indonesia (12 orang)
      2. Pemenang wakil regional setiap bidang (32 orang)
    4. Peserta yang lolos Babak Penyisihandan berhak mengikuti Babak Final, adalah:
      1. Pemenang 1, 2, 3 kategori teori untuk setiap bidang se-Indonesia (12 peserta).
      2. Pemenang perwakilan regional setiap bidang (32 peserta).
    5. Peserta Babak Final:
      1. akan mendapatkan soal .
      2. wajib menyelesaikan soal open-ended dan mengumpulkannya saat mengikuti Babak Final.

A.2 Babak Final:

  1. Babak Final Kategori Teori mempunyai dua tahapan yaitu tahapSemifinal dan tahap Grand Final.
  2. Tahap Semifinal:
    1. Peserta wajib mengumpulkan makalah penyelesaian soal open ended.
    2. Peserta wajib mengikuti tes soal essay.
    3. Dipilih Enam peserta dengan nilai tertinggi dari setiap bidang untuk mengikuti tahap grand final.
    4. Tahap Grand Final:
      1. 6 peserta dari masing-masing bidang melakukan presentasi makalah open ended.
      2. Penentuan pemenang 1, 2, 3 Kategori Teori berdasarkan urutan nilai tertinggi (70% nilai tes essay + 30% nilai makalah & presentasi).
      3. Pada kategori Teori tahap Grand Final ditetapkan 16 pemenang, yaitu juara 1, 2, 3 dan harapan 1 untuk masing-masing bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.
      4. Pemenang 1, 2, 3, dan harapan 1 Babak Finalmasing-masing bidang berhak mendapatkan hadiah.

A.3.Regionalisasi Wilayah:

       Pembagian wilayah ke dalam 8 regional adalah sebagai berikut:

  1. Region 1:Sumatera Utara (Nanggroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau)
  2. Region 2:Sumatera Selatan (Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, dan
  3. Region 3:Kalimantan (Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur)
  4. Region 4:Sulawesi (Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara)
  5. Region 5:DKI, Banten, dan Jabar
  6. Region 6: DIY, Jatim dan Jateng
  7. Region 7: Bali, NTB dan NTT
  8. Region 8: Papua dan Maluku (Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua)
  1. B.Kategori Proyek Sains

Kategori Proyek Sains merupakan kompetisi karya cipta hasil kerja dari suatu Tim. Setiap Tim berjumlah 3 mahasiswa dari satu perguruan tinggi. Kompetisi ini akan mengkompetisikan karya cipta yang dapat saja berupa Aplikasi Perangkat Lunak (APL), Rancang Bangun (RB), dan Produk Unggulan (PU) dengan tema Energi Baru Terbarukan. Aplikasi Perangkat Lunak (APL):Bidang ini mengkompetisikan hasil karya cipta berupa aplikasi perangkat lunakyang terkait dengan penyelesaian permasalahan terkait Energi Baru Terbarukan. Rancang Bangun (RB): Bidang ini mengkompetisikan hasil karya cipta rancang bangun berupa alat/instrumen atau pirantiyang terkait dengan dengan penyelesaian permasalahan terkait Energi Baru Terbarukan.Produk Unggulan (PU): Bidang ini mengkompetisikan hasil karya cipta yang dapat berupa bahan/material, proses, metode atau model (tidak berupa alat) yang terkait dengan penyelesaian permasalahan terkait Energi Baru Terbarukan.

Pada Babak Penyisihan Proyek Sains, seleksi peserta akan dibagi menjadi dua jalur seleksi yaitu Babak Penyisihan untuk peserta dari Indonesia yang akan menjaring 15 tim terbaik dan Babak Penyisihan untuk peserta dari negara-negara ASEAN yang akan menjaring 3 tim terbaik masing-masing bidang.

  1. Babak Penyisihan
    1. Semua Tim wajib membuat dan mengumpulkan proposal Proyek Sains sesuai dengan ketentuan yang ada di panduan ke panitia pusat.
    2. Panitia pusat melakukan desk evaluation proposal.
    3. Panitia pusat menentukan 45 Timdengan nilai terbaik untuk mengikuti presentasi babak penyisihan secara onlinedan/atau temu muka langsung
    4. Empat puluh lima Tim terbaik peserta nasional melakukan presentasi di depan dewan juri secara online/tatap muka. Dewan juri menentukan 15 (lima belas) Tim peserta nasional dengan nilai terbaik sebagai pemenang Babak Penyisihan
    5. Pemenang babak penyisihan (15 Tim terbaik) berhak mendapatkan bantuan pelaksanaan penelitian Proyek Sains.
    6. Tim yang lolos seleksi Babak Penyisihan dan berhak mengikuti Babak Final, adalah: Lima belas (15) Tim pemenang untuk peserta dari Indonesia.
    7. Tim yang mengikuti Babak Final wajib menyelesaikan karya cipta hasil kerja yang sesuai dengan proposalnya dan membawanya ke Babak Final.
  2. .2Babak Penyisihan untuk peserta dari negara-negara ASEAN:
    1. Semua Tim wajib membuat dan mengumpulkan proposal Proyek Sains sesuai dengan ketentuan yang ada di panduan ke panitia pusat.
    2. Panitia pusat melakukan desk evaluation proposal.
    3. Dewan juri menentukan 3 (tiga) Timdengan nilai terbaik sebagai pemenang Babak Penyisihanuntuk peserta dari negara-negara ASEAN
    4. Tim yang mengikuti Babak Final wajib menyelesaikan karya cipta hasil kerja yang sesuai dengan proposalnya dan membawanya ke Babak Final.
  1. Babak Final:
    1. Peserta yang mengikuti Babak Final Kategori Proyek Sains berjumlah 18 Tim (54 mahasiswa) dengan setiap timnya terdiri dari 3 mahasiswa (15 tim peserta Indonesia dan 3 tim peserta negara-negara ASEAN).
    2. Setiap tim wajib membawa hasil proyek sainsnya dan dipamerkan di pameran proyek sains Pertamina Olimpiade Sains.
    3. Setiap tim diwajibkan mempresentasikan hasil proyek sains dihadapan Juri yang berasal dari Indonesia dan perwakilan Perguruan Tinggi Negara ASEAN
    4. Juri menetapkan pemenangProyek Sains Babak Final, yaitu:
      1. Juara 1, 2, 3 Proyek Sains.
      2. 5 tim peringkat selanjutnya masing-masing akan mendapatkan penghargaan Honorable mention.
      3. Para Juaradan pemeroleh Honorable mention Proyek Sains Babak Final berhak mendapatkan hadiah.

Hubungi Kami

Telp.: +6221 786 6837
Fax. : +6221 727 0012
Email : panitia@osnpertamina.com

Kerjasama

UI.1