Poskota News: Olimpiade Sains Perguruan Tinggi Kembali Digelar

JAKARTA (Pos Kota) – PT Pertamina (persero) bersama Universitas Indonesia (UI) kembali menggelar Pertamina Science Olympiad. Ajang yang mendapat dukungan perguruan tinggi di seluruh Indonesia tersebut terbuka bagi semua mahasiswa baik S1, D4 maupun D3.

“Tidak harus mereka dari jurusan IPA, silakan yang berminat dan mau berkompetisi,” kata Sesdirjen Belmawa Kemenristek Dikti Sutrisna Wibawa saat membuka Rakornas Pertamina Science Olympiad kemarin.

Menurutnya olimpiade sains menjadi salah satu ajang unjuk kebolehan bagi para mahasiswa yang memang memiliki kemampuan dibidang sains. Karena itu Sutrisna memberikan apresiasi tinggi terhadap setiap penyelenggaraan olimpiade sains.

“Sains adalah bagian dari upaya mendongkrak daya saing bangsa. Melalui inovasi dibidang sains dan iptek kita berharap SDM juga meningkat kualitasnya,” tambah Sutrisna.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, olimpiade sains pertamina tahun ini memberlakukan metode tes berbasis komputer untuk seleksi ditingkat daerah. Metode ini diharapkan mampu meningkatkan akses mahasiswa untuk ikut olimpiade tidak harus terkendala oleh jarak dan lokasi olimpiade.

Sementara itu Agus Mashud, Manager CSR Pertamina menjelaskan bahwa ini merupakan tahun ke-9 digelar ajang olimpiade science Pertamina. Dengan digunakannya model seleksi berbasis komputer, diharapkan jumlah mahasiswa yang mendaftar akan jauh lebih banyak.

“Kegiatan ini kami rancang sebagai wadah bagi generasi muda Indonesia mengekspresikan diri, menggagas ide, menampilkan karya cipta serta mengukir prestasi tingkat regional ASEAN,” jelasnya. (faisal/win)

Hubungi Kami

Telp.: +6221 786 6837
Fax. : +6221 727 0012
Email : panitia@osnpertamina.com

Kerjasama

UI.1